Dengki merupakan sifat tercela, dengki atau hasad yaitu merasa iri kepada orang lain atas nikmat atau kebahagiaan yang di berikan oleh Tuhan Swt, kepada orang lain. mampu juga orang yang mempunyai sifat dengki ingin menerima kebahagiaan tersebut atau ingin menghilangkan kenikmatan atau kebahagian itu hilang dari orang lain.


Dengki mampu disebut juga perasaan marah atau benci terhadap segala sesuatu yang baik yang dilihatnya pada diri orang lain.

Berikut ini yaitu bacaan doa supaya kita terhindar dari sifat dengki berserta latin dan terjemahnya.
Doa ini terdapat pada Al-Qur'an Surat Al Hasyr Ayat : 10.

Doa Menghindari Sifat Dengki

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ


Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladzinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim 

Artinya :
"Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." 
(QS. Al‐Hasyr: 10)

Dikisahkan Dalam Al‐Quran, bahwa doa di atas dibaca oleh orang‐orang beriman yang mengikuti perjuangan kalangan Muhajirin dan  Anshar. Mereka memohon supaya tetap melanjutkan serta meneladani kesolehan, semangat jihad dan kesucian hati mereka.

Bahaya hasad. Seseorang yang bersifat dengki akan kesuksesan orang lain akan selalu merasa tidak damai seumur hidupnya. Iman orang yang masih bersikap dengki akan dinilai kurang tepat sebab hatinya tidak mampu bersikap ikhlas. Bersikap dengki juga berarti tidak menyukai takdir yang ditetapkan Allah. Bahaya hasad tercantum dalam hadits berikut ini:

"Menurut Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Saw, bersabda: Jauhilah sifat hasad sebab sifat itu memakan pahala kebaikan sebagaimana api yang memakan kayu bakar." (H.R. Abu Daud)

Sifat Dengki atau Hasad juga mampu kita hindari, berikut yaitu cara menghindari sifat hasad.

Cara Menghindari Sifat Dengki

1. Selalu mengingat kebesaran Tuhan Swt.
2. Banyak Beribadah
3. Banyak Bersyukur
4. Menyadari Kesia-siaan Hasad
5. Memelihara Sifat Rendah Hati
6. Rajin Membantu Orang Lain
7. Menumbuhkan Rasa Saling Menghormati
8. Tumbuhkan Perasangka Baik
9. Rajin Bersilaturrahmi
10. Dahulukan Kepentingan Umum

Baca juga: Bacaam doa selamat dunia darul abadi beserta artinya

Itulah doa menhindari sifat dengki (hasad), semoga Tuhan Swt, selalu menjauhkan kita dari sifat dengki dan selalu memberi nikmat nikmat dan kebahagiaan.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: