Sudah kewajiban kita sebagai insan bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Yang Mahakuasa Swt berikan kepada kita. Bersyukur tidak hanya semata-mata dikala mendapat kesenangan maupun nikmat saja melainkan dikala kita terhindar dari marabahaya kita juga harus bersyukur sebab Yang Mahakuasa Swt telah menawarkan keselamatan pada kita. Salah satu cara untuk mengucapkan terimakasih kita atas semua yang telah Yang Mahakuasa Swt berikan kepada kita selaku hambanya ialah dengan sujud Syukur.

Sudah

Sujud Syukur yakni sujud yang dilakukan sebab mendapatan sesuatu nikmat dan terhindar dari marabahaya, bencana maupun kesusahan yang menimpa. Hukum Sujud Syukur yakni sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun jikalau melakukannya mendapat pahala sebagai mana yang sabda Rasulullah saw.

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ اَنَّ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَاأَتَاهُ أَمُرٌ يَسُرُّهُ أَوْبُشْرَى جَرَّ سَاجِدَا شُكُرَاللهِ

Artinya: "Dari Abu Bakrah gotong royong Rasulullah saw bersabda, apabila datang kepada nabi sesuatu menggembirakan atas kabar suka, dia pribadi sujud syukur kepada Allah. (H.R Abu Daud dan Turmudzi).

Baca juga: Doa-doa Membasuh Anggota Wudhu

Berdasarkan hadist diatas bahwa pada dikala rasulullah saw menerima kegembiraan dia pribadi mengerjakan sujud syukur.

Tata Cara Sujud Syukur
Berikut yakni tata cara melaksanakan sujud syukur:

1. Berdiri Menghadap Kiblat
2. Berniat Melakukan Sujud Syukur
3. Kemudian Takbiratul Ihram, dengan Membaca (Allahu Akbar)
4. Lalu sujud dua kali, sambil membaca doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَةَإِلَابِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha-illalloohu wallohu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billaahil 'aliyyil 'adziim.

Artinya: "Maha suci Yang Mahakuasa dan segala puji bagi Allah, tiada dewa selain Allah. Yang Mahakuasa maha besar dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali  atas izin Yang Mahakuasa yang Maha Tinggi dan Maha Agung"

5. Duduk Sejenak.
6. Mengucap salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.

اَلسَّلَا مُعَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ
Dengan melaksanakan sujud syukur sebagai rasa terimakasih kepada Yang Mahakuasa Swt atas nikmat sebab menerima sesuatu yang diinginkan maupun terhindar dari marabahaya, biar Yang Mahakuasa selalu menawarkan nikmat dan dilindungi dari segala ancaman yang mengintai, demikianlah mengenai bacaan sujud syukur beserta tata cara melaksanakan sujud syukur, biar mampu bermanfaat. 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: