Bacaan Doa Qunut- Doa qunut merupakan doa mengharap kepada Tuhan swt, untuk mendatangkan kebaikan atau menolak ancaman yang dalam menjalankannya sesudah ruku atau sesudah i'tidal (bangkit dari ruku') sebelum rakaat terakhir sholat. menurut madzab syafi'i dan maliki bahwa hukum membaca doa qunut ialah sunah muakkad pada sholat shubuh, pada sholat witir dalam sholat tarawih pada malam ke 16 bulan ramadhan hingga ahkhir bulan ramadhan dan pada sholat istisqo (minta hujan).

Doa

Berikut ialah Bacaan doa Qunut lengkap dengan latin dan terjemahannya.

Bacaan Doa Qunut


اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahhummahdinii fiiman hadait.
Wa'a finii fiman 'aafait.
Wa tawallanii fiiman tawal-laiit.
Wa baarik lii fiimaa a'thait.
Wa qinii syarra maa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wa innahu laayadzilu man walait.
Wa laa ya'izzu man 'aadait. 
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya:"Ya Allah, berilah saya petunjuk sebagai mana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, maafkanlah saya sebagaimana orang-orang yang telah  Engkau maafkan, tolonglah saya sebagaimana orang-orang yang telah Engkau tolong, berkatilah saya dalam semua pemberian-Mu, dan peliharalah daku berkat karunia-Mu dari keburukan qada-Mu. Karena bergotong-royong Engkaulah Yang memberi keputusan  dan tiada seorangpun yang menetapkan keputusan terhadap-Mu, dan bergotong-royong tidak akan terhina orang yang Engkau musuhi. Maha suci Engkau wahai Tuhan kami lagi Maha tinggi, bagiMu-lah segala puji atas semua keputusan-Mu. saya memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu, dan segala salawat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan juga segenap keluarga dan para sahabatnya."

Hukum Membaca Doa Qunut Pada Sholat Shubuh
Membaca doa qunut dalam sholat shubuh ada yang memperbolehkan membacanya, dan ada pula yang tidak memperbolehkan.

1. Tidak di sunahkan
Qunut tidak dibolehkan atau tidak disunnahkan terutama kalau menurut pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad, berdasarkan hadits Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan Ibnu Mas’ud, Dalam hadits tersebut diterangkan bahwa nabi membaca doa qunut selama 1 bulan penuh dalam sholat fajar bagi orang-orang yang masih hidup, lalu dia tidak membacanya lagi atau meninggalkannya setelah itu.

رَوَابنُ مَسْعُوْدٍ: أَنَّهُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قُنُتَ فِيْ صَلاَةِ الفَجْرِ شَهْر أَتمَّ تركهُ
Artinya:
"Diriwayatkan oleh ibnu mas'ud : bahwa nabi saw telah melaksanakan doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan atas orang-orang arab yang masih hidup, kemudian nabi meninggalkannya." (H.R Muslim)

2. Di Sunahkan
Menurut Imam Malik membaca Qunut Disunnahkan namun dengan syarat membaca secara pelan-pelan. Begitu juga menurut Imam Syafi’i membaca doa qunut shalat subuh pada raka’at kedua setelah i’tidal hukumnya sunnah Ab’ad sehingga apabila lupa, maka disunnahkan melaksanakan sujud sahwi.

ما زال رسول الله يقنت في صلاةالفجر حتى فارق الحياة
Artinya:
"Rasulullah selalu berqunut pada sholat subuh hingga dia wafat." (H.R Bukhari dan Muslim)

Imam Nawawi dalam kitab majmuk juga menerangkan, bahwa qunut itu disunnahkan dibaca dalam sholat subuh baik dalam kondisi darurat menyerupai ada petaka maupun tidak, berikut ini penjelasannya :
مَذْ هَبُنَا أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ القُنُوْتُ فِيْهَا سَوَاءٌ نَزَلَتْ نَازِ لَهٌ اَمْ لَمْ تَنْزِلْ وَبْهَدُا قَالَ أَكْثَرُالسَّلْفِ

Artinya : "Dalam Madzhab kita (madzhab syafi'i) di sunnhakan membaca qunut dalam sholat shubuh, baik sebab ada petaka maupun tidak. inilah pendapat dominan ulma' salaf."(Al-Majmu' juz 1 : 504)

Sesuai hadist perihal qunut menyerupai telah disebutkan diatas bahwa membaca qunut subuh ada yang membolehkan ada yang tidak membolehkan. Qunut juga bermacam-macam, selain qunut subuh, ada nazilah dan witir. bacaan qunut itu juga bermacam-macam atau berbeda menyerupai qunut yang biasa dibaca Umar bin Khattab. Namun sebagian besar ulama’ salaf menyerupai menurut Imam Nawawi mensunnahkan atau membolehkan membacanya pada raka’at ke 2 setelah I’tidal pada shalat subuh.

Itulah bacaan doa quntut beserta latin dan terjemahnya agar mampu bermanfaat. 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: